Gagal Belajar Azure (Udacity Scholarship)

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Kali ini gw mau share pengalaman gw ketika gw coba apply Udacity Scholarship. Scholarship yang gw apply itu dari perusahaan Bertelsmann, kalian bisa baca lebih lanjut tentang scholarshipnya disini Udacity | Bertelsmann.

Pengenalan Udacity Scholarship

Udacity sebagai platform pembelajaran sering mengadakan scholarship dengan dibiayai oleh beberapa perusahaan ataupun yayasan seperti Citi , Bertelsmann, Advance Africa, Blacks In Technology, AWS dan lain-lain.

Programnya pun berbeda-beda setiap scholarship, contohnya pada Udacity Scholarship | Bertelsmann yang gw apply pada tahun ini (2021) ialah memiliki 3 track yakni Cloud Track, Data Track dan AI Track.

Udacity Scholarship | Bertelsmann

Adapun tahap tahap apply scholarshipnya ialah sebagai berikut :

  1. Pendaftaran Scholarship (Pilih Cloud Track, Data Track dan AI Track)
  2. Setelah itu peserta yang telah terdaftar memasuki tahap Challenge Courses (ada 150000 seats)
  3. Nah nanti setelah melewati tahap Challange Courses, hanya 1600 seats yang diterima selanjutnya untuk mendapatkan scholarship Udacity yakni program Nanodegreenya

Karena minat gw ke Cloud Computing, maka yang gw pilih ialah Cloud Track dan mengincar program Nanodegree Azure Cloud Architect nya, dan kronologi timeline scholarshipnya sesuai pada halaman scholarship tersebut :

Setelah berhasil mendaftar application pada tanggal 5 Oktober – 30 November, gw berhasil masuk ke Challange Course beserta dengan ribuan orang lainnya yang sama-sama memilih Udacity Scholarship | Bertelsmann ini

Challenge Course dimulai

Memasuki tahap challenge course yang dimulai pada tanggal 14 Desember 2021 sampai tanggal 14 Februari 2022 ini :

Sesuai arahan Udacity, kita dimasukkan ke group Slack agar bisa terkoordinasi bagaimana cara menyelesaikan challangenya, support satu sama lain, ataupun berbagi kisah alur pengerjaannya sudah sampai mana di channel #daily_scrum

Lalu tahap pengerjaan challenge coursenya yakni login platform Udacity seperti biasa, lalu nanti ada course yang telah diassign ke akun yang kita daftar.

Judul programnya waktu itu :
Cloud Architect Using Microsoft Azure – Scholarship Program

Materinya pun ada 5 jenis :

  1. Lesson 1 – Intro to Designing Infrastructure and Managing Migration
  2. Lesson 2 – Azure Cloud Capabilities
  3. Lesson 3 – Designing for Backup & Recovery
  4. Lesson 4 – Migration
  5. Lesson 5 – Automation

Lalu pada setiap Lesson nya ada Quiz yang berupa pilihan ganda, dan Exercise yang berupa langsung praktik ke lab azure dengan diberikan sesi login VM sementara pada browser, lalu kita login portal azure di VM tersebut, dan mengerjakan sesuai tutorial Exercise.

Iframe sesi VM sementara, dan memulai pengerjaan sesuai panduan exercisenya

Challenge Course selesai

Selesai pengerjaan challenge course, pada tanggal 24 februari gw diemail dan diberitahu statusnya sebagai Challenge Course Finalist in the Technology Scholarship program. Selamat ! (sambil deg degan apakah diterima lanjut ke nanodegree atau tidak)

Thank you for joining us in the Challenge Course of the Technology Scholarship program powered by Bertelsmann. Congratulations on completing the Challenge course!

You can celebrate completing the Challenge course with your network by downloading your scholarship badge and posting it to your favorite social networks, such as LinkedIn, with the hashtags #50000Chances #UdacityTechScholars #PoweredByBertelsmann.
Thank you for joining us in the Challenge Course of the Technology Scholarship program powered by Bartelsmann.
#50000Chances #UdacityTechScholars #PoweredByBertelsmann.

Lalu selang beberapa hari kemudian, pengumuman tiba.

Dikirimlah email pada malam hari jam 1 (GMT+7), apakah gw diterima lanjut ke nanodegree Azure Cloud atau tidak.

We appreciate all your contributions in the scholarship, but due to the highly competitive pool of participants and the limited number of scholarships available, we are unable to offer you a full scholarship for a full Nanodegree program.

Tidak diterima ! 😆

wkwk yaudah lah tetap semangat dan bismillah karena ini part of my journey to the cloud.

This image has an empty alt attribute; its file name is average-sysadmin.png

Thanks Udacity and Bertelsmann Technology for the chance

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.