Life goes on, things change. Perjalanan dengan game RF Online

life goes on, things change. We grow old and make mistakes. Some of those mistakes are fixable… others are not.
kata Ron di situs RF-DEV.net

Pada waktu dulu…

Kisah ini berawal dari gw sering bermain game online di warnet dulu ketika gw SD sampai SMA. Apapun game yang gw mainkan di warnet, pasti hanya sebentar dan kembali lagi.. Lagi dan lagi.. ke game satu legend, yaitu RF Online.

Seru bat tuh ye kan pas jaman gw SD muter muter map main jadi bangsa Robot (ACC), bangsa Kurcaci(Bellato) atau bangsa Jangkung (Cora). Perlahan tapi pasti, gw leveling sebisa gw.. sampai zamannya rate EXP 1% pun gw jabanin waktu SMA cabut sekolah di hari yang pasti ga ada pelajarannya (kyk Maulid / Halal bi Halal / Rapat guru dsbnya), untuk leveling karakter gw namanya KalengPungut (Accretia) sama KecilKecilSadiz (Bellato).

 

KecilKecilSadiz di 2011

Duit habis untuk beli premium services kira kira 10ribu lah per hari (gw pakai kalau gw main warnetnya lama), dan habis juga untuk main warnet. Dan gw main bisa dibilang kadang-kadang ke sering.. Jadi mungkin bisa dibilang udah lebih dari 10000 jam gameplay kali ya.

Lalu setelah gw beranjak Kuliah, game itu gw tinggalkan untuk game steam seperti

DOTA2 , CSGO, Black Desert dan lain lain.

Tiba tiba denger kabar setelah gw lulus kuliah (2018), gw denger kabar RF Online LYTO ditutup pada tahun 2019 setelah 12 tahun lamanya.. Lama bgt bre, dan udah pasti karakter gw dihapus. Sedih dong, banyak kenangannya.

Kembali dengan nama baru

Ga selang lama ternyata bangkit lagi dengan nama yang berbeda, yakni senjata pvp+4 oleh lytogame juga. Antusias bgt gw, bahkan Open Beta -> Closed Beta pun gw mainin demi untuk mendapatkan barang premium-langka, dan rate EXP nya cepet coyyy 1000% apa kalau ga salah, dan Rate Dropannya juga banyak.

Pun temen SMP gw yang dulu rumornya main game ini juga, tiba tiba balas story instagram gw yang isinya tentang RF Online Remastered

April 2020

Nanda : Riq official itu kan?
Gw : Iya official btull
Nanda : Mantap, itu open beta kapan?
Gw : Blm ada info lanjut lagi dri sananya…
Nanda : Oalah wkwkwk baru tau gua ada rf official lagi
Gw : Gw juga baru tau lu mainan bginian nan wkw
Nanda : Wkwkwk dulu gua main dari pas sd rf pertama kali bareng aldy anak ips, Pas di brawijaya gua main bareng anak sana sama emo tapi di private..
Gw : Wkwkkw gw juga dari sd kelas 6 sampe smp sma kuliah, oh gitu.. baru tau gw.

tiba tiba 1 bulan kemudian pas Open Beta dia ngajak gw main, minta GB in.. Gw jg ajak temen temen doi biar kita main bareng, leveling bareng..

Pas awal awal gw main dengan race Accretia dengan nick map dan job trapper, karena gw plg suka tuh masang trap wkwk trs ada orang nginjek.. jeder mati. Akhirnya pas Open Beta RF Online Remastered itu gw main sampe level 50 untuk sekedar syarat dapat hadiah barang rare yaitu senjata pvp+4 aja. Pun gw kejar CPT dan PVPnya mentok supaya biar dapet hadiah juga.. Eh akhirnya tetep kebalep sih sama yg GBPT CPT wkwk.

ranking PVP may 2020. Gw juara ke 1 dengan nick map

Keren kan njir nicknya map, orang biasa ngewhisp / bisik ke karakter gw pasti pada kagak bisa /map . Malah ngetik langsung di chat map, bukan chat ke karakter gw. Salah satu cara untuk bisa whisp karakter gw in-game harus pake koma: jadi /map,

Foto Foto pas masa Closed Beta pun asik parah, lu bayangin bre, dengan cupu cupunya armor dan senjata udah pada tawuran di depan map Elan wkwk. Bahkan ada yang sekalian GBPT SKILL EXP juga

Terus setelah Closed Beta ditutup, gw dapet barang yang gw inginkan, gw juga mulai lagi tuh leveling dari 0. Lalu singkat cerita, gw udah kembali lagi ke level 51 pada masa Open Beta sampai servernya normal gw kejar terus tuh level.

Oh iya Nanda tadi nicknya MancingMania, dan ada temennya nick LeFou

 

Gw, Nanda, dan temennya

Mulailah main serius lagi selama berbulan-bulan

Mulailah baru tau gw, ternyata di game RF Online itu ada komunitasnya, dan yang kumpul ya player player lama dengan nick nick baru dan guild yang sama, yakni guild pink.

Gw baru tau aja ada guild kyk gini, kalau kata orang orang yang udh pada ngerti ini guild namanya Guild Mafia. Semua PB diembat habis hanya untuk golongan mereka sendiri, terutama ketua guildnya wkwk.. Dropannya pun diembat untuk memper GG ketua guildnya / para petinggi petingginya biar karakternya pada Gahar, dan siap melanggengkan tahta Archon sampai Dewan turun temurun, ada kali berbulan bulan.

Guild ini ialah Guild Generation, atau lebih dikenal sih Sriwijaya. Pokoknya pinklah.

Ketua guild / para pemimpinnya itu ya para Archon di tahun 2009-2019 dulu wkwk, jadi mereka itu punya komunitas yang sejatinya main game RF Online baik official maupun private server tapi kalau 1 udah bosen, bosen semua, drama? drama semua,. Cabut / Pensi? Pensi semua.
Keren ya kompak bat

Ketika sudah bosan karena level sudah mentok, ingin pensi atau ingin pergi ke RF lain.. mereka foto bareng”, gw numpang screenshot aja pak

Para playernya di guild seperti mereka pun dengan rela beli item atau gesek voucher jutaan bahkan puluhan juta (barang super rare seperti Intense +6) mereka beli.

Gw pribadi seneng sih ada guild mafia gini, walaupun gw hanya rakyat biasa tapi seru aja ngeliat kekompakkan mereka, dan dari kekompakkan mereka bisa bikin bangsa robot / Accretia menang terus berturut turut.

Sampai akhirnya ada juga guild mafia juga di bangsa Bellato, yakni H.E.R.O.E.S yang bikin berseteru terus karena PitBoss Elan dibinasakan juga, jadi guild mafia di bangsa ACC ga kebagian.

berhadapan dengan guild HEROES dan bangsa bellato

Seru bat dah ini game, bahkan artis yang biasanya main game mobile pun juga main untuk meramaikan suasana seperti Kimi Hime dan DylandPros (gas lgsg cek vidnya )

Nick nick yang terkenal di game RF Online Remastered ini sih yg gw tau itu kyk DarahBiru (xDarahBiru), TottiYT, Arthezy, Insert bahkan cici Kimi Hime juga main coy wkwkw. Kalau dari bangsa Bellato itu ada Mad Sup, AbahUcil. Kalau cora siapa ya gw lupa..

Lalu tiba tiba kabar burung tiba,
ketika gw asyik asyiknya leveling ke max level yaitu level 70. Ada kabar burung bahwa penyakit game ini masih bisa diaktifkan.. Yaitu sejenis cheat, tapi bukan cheat melainkan bug.. BUG DUPE.

https://www.youtube.com/watch?v=s6ZCFy4AbNI

Jelas bug ini menyakitkan untuk para sultan sultan yang buang duit di game ini untuk beli senjata/armor GG, dan gesek voucher jutaan sekali streaming youtube.

Bug dupe ini kalau dijelaskan singkat itu ya dupe / duplicate. Barang ori sah, misalnya senjata rare D +6 punya siapa, yang jelas jelas barang super-rare ditempa susah dan harus sangat hoki dan dihargai jutaan juta tiba tiba diduplikat oleh orang tidak bertanggung jawab dan tiba tiba mulai banyak dah yang pakai senjata itu wkwkwk…

harga dari jutaan bisa turun sampai jadi cuman 150 ribuan atau 50rb aja bre wkwkwk.  Mulai tuh cemas para sultan, ibaratnya ngapain gw njir capek capek beli barang super mewah kyk gini mah biar gw bisa kill orang banyak… eee tauannya tiba tiba banyak orang yang make.

Mulai dah pada pensi satu per satu. Terutama gw (kalau gw bukan sultan pak, gw mah cuman main aja kebetulan kadang taubat kadang khilaf main).

Program RF Online ini dibuat pada tahun 2000an, oleh pengembang bernama CCR Inc. Pengembang software asal korea, ntah mereka bangkrut atau gimana, gak didevelop lagi ini game..

Jadi game engine tahun segituan, walaupun dipasang beberapa lapis game guard untuk mengatasi cheat game, tetap ada celahnya.. yakni Bug di game itu sendiri. Terutama Bug duplicate item yang membuat barang / item tidak ada harganya.

ketika bug dupe lagi hangat hangatnya dibahas, GM Lytogame ketar ketir wkwk, orang gamenya juga enginenya udh lama bgt, dan GM bukan developer atau pengembang Game yang ngerti gimana cara Gamenya dibuat.

Sehingga GM Lytogame itu mengupayakan dengan adanya “razia item in game”, jadi setiap maintenance pasti ada karakter yang keliatan “sultan” langsung dicek barangnya. Apakah ORIGINAL atau tidak, Apakah SNI atau tidak.

Kalau dari logikanya sih barang itu kyk kode unik, keliatan tuh dropannya darimana, siapa karakter yang pick duluan, atau siapa karakter yang craft item duluan. Kalau misalnya kode uniknya sama, dan ditelusuri mudah bgt kyknya, jadi barang kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya dengan kode unik yang sama bakal dihapus atau disita oleh GM.

Sehingga setiap maintenance, para sultan waspada apakah barang yang dia beli dari orang lain itu barang ORI atau barang KW .

Selain bug dupe, ada juga trainer yang dibuat oleh orang seperti Auto Pick dropan, auto naik MAU, tower tumpuk, trap tumpuk atau MAU bisa ngeliat orang hilang/job trapper kyk gw.

Itu semua yang bikin game rusak jadi tambah rusak. Ga sehat.

Capeklah gw main game ini wkwk, sebelum gw bahas topik selanjutnya gw share dulu gallery gw main ya waktu pas leveling, war, drama, dan sebagainya..

Perjalanan bermain game RF Online sebagai player berakhir kandas di akhir 2020.

Oh iya gw sempet rekam video pas lagi tawuran di map outcast wkwk, berikut videonya :

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.